Workshop Sistem Pelacakan Jejak Alumni (Tracer Study) seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Papua dan Papua Barat 👁️️ 305

By Operator Website Kamis, 08 September 2022 | 06:27 am Berita

Workshop Sistem Pelacakan Jejak Alumni (Tracer Study) seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Papua dan Papua Barat

Kegiatan workshop Sistem Pelacakan Jejak Alumni (Tracer Study) seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Papua dan Papua Barat dilaksanakan di Swiss-Belhotel Sorong pada hari Rabu, 07 September 2022 dimulai pada pukul 09.00 WIT. Diselenggarakan oleh direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan dengan tujuan .  Sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan dari kepala LLDikti Wilayah XII dan dilanjutkan sambutan kedua dari kepala LLDikti XIV Bpk Surriel Samuel Mofu yang juga diwakili karena berhalangan hadir. Pada sambutan ketika yang dibawakan oleh Ibu Sri Gunaeni Partiwi sekaligus membuka kehiatan tersebut dan disertai dengan pemaparan materi mengenai kebijakan Tracer Study. Sekitar  pukul 10.15 dilajutkan dengan pemaparan materi tentang system pelacakan jejak alumni (Tracer Study) 2.0 oleh Bpk Kris dari Kemdikbud. Berbagai pertanyaan seputar kebijakan dan sistem pelacakan jejak alumni menggunakan aplikasi 2.0 diajukan oleh peserta baik yang mengikuti secara luring maupu daring.

Pertanyaan yang diajukan para peserta cukup beragam, beberapa mengajukan pertanyaan perihal kondisi teknis dilapangan pada saat akan melakukan pengimputan data. Mereka mengatakan bahwa keterbatasan akses internet untuk mahasiswa yang tersebar di kampung-kampung dan pulau menjadi factor utama pelacakan jejak alumni tidak terlaksana secara maksimal.

Lebih lanjut, pemateri menyampaikan bahwa pada system Pelacakan Jejak Alumni 2.0 akan lebih memudahkan perguruan tinggi maupun mahasiswa untuk mengisi instrument pelacakan alumni tersebut. beliau menyampaikan bahwa pada aplikasi tersebut sudah tersedia layanan atau menu untuk mahasiswa dapat langsung mengisi secara online sehingga mereka tidak perlu lagi mengisi secara manual. Mahasiswa mengisi intrumen tersebut tanpa harus memiliki akun ataupun password tertentu. Setelah mahasiswa mengisi instrument secara online maka operator Tracer Study menerima atau meng-Approav data tersebut dan secara otomatis akan terekam sekaligus tersimpan pada system tracer studi kemdikbud.  Langkah ini dianggap dapat memberikan kemudahan bagi mereka yang berdomisi jauh dari kampus, dengan hanya mengandalkan smartphone dan koneksi internet mereka sudah bisa mengisi instrument pelacakan alumni.

Penutup dari kegiatan tersebut ialah bahwasannya kemdikbud berharap dengan adanya aplikasi pelacakan jejak alumni 2.0 akan lebih memydahkan dalah pelacakan alumni dan meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Adapun beberapa luaran dalam Workshop Sistem Pelacakan Jejak Alumni (Tracer Study) ini  antara lain :

  1. Peserta memahami tentang kebijakan Tracer Study
  2. Peserta memahami system pelacakan jejak alumni 2.0
  3. Peserta mampu menggunakan system pelacakan jejak alumni 2.0
  4. Peserta memahami tentang pemanfaatan data PPDikti Perguruan Tinggi
  5. Peserta mampu memahami pentingnya pelacakan jejak alumni dilaksanakan bagi peringkat akreditasi sebuah perguruan tingggi

By Operator Website Kamis, 08 September 2022 | 06:27 am